ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP PASIEN UMUM DAN PASIEN JAMKESMAS RSU Dr. SOEROTO NGAWI
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pasien Jamkesmas dan Pasien Umum yang berkunjung di Rumah Sakit Umum Dr. Soeroto menyatakan bahwa mereka mendapatkan pelayanan dengan mutu yang berbeda. Pasien yang memanfaatkan fasilitas Jamkesmas 50 % menyatakan mutu pelayanan baik dan 50% menilai mutu pelayanan tidak baik. Pasien umum yang membayar secara langsung sebesar 60% menilai cukup baik, 40% menilai tidak baik terhadap mutu pelayanan yang diterima.
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan tujuan mengetahui hubungan antar variabel dependen yang analisisnya untuk menentukan ada tidaknya hubungan antar variabel. Pendekatan yang digunakan adalah cross sectional yaitu antara variabel dependen dan independen diobservasi hanya sekali pada saat yang sama (Arief, M. 2003).
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 56 responden dengan 28 pasien rawat inap merupakan pasien umum dan 28 pasien rawat inap merupakan pasien Jamkesmas
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup untuk pengambilan data tentang mutu pelayanan terhadap pasien umum dan pasien Jamkesmas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa mutu pelayanan pasien rawat inap dengan Jamkesmas di RSUD Dr. Soeroto Ngawi sebagian besar adalah baik, 96,4(%) responden, sedangkan untuk pasien rawat inap umum adalah baik, 50 (%).
Kesimpulan dari penelitian adalah sebagian besar pasien dengan Jamkesmas dan umum di RSUD Dr. Soeroto Ngawi merasa puas dengan pelayanan yang diberikan sehingga meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.
Disarankan pelatihan/kursus perlu diadakan Rumah Sakit untuk petugas Rawat Inap untuk meningkatkan mutu pelayanan dan terus berupaya untuk mempertahankan pelayanan yang sudah baik untuk menjadi yang lebih baik lagi dalam hal keramahan, keterampilan, kemudahan petugas untuk dihubungi, kecepatan pelayanan, dan kejelasan informasi adalah suatu pelayanan kesehatan yang sangat penting.
Â
Kata kunci : Perbedaan Mutu Pelayanan Rawat Inap Pasien Umum dan Pasien Jamkesmas
Kepustakaan : 15 (1988-2008)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.