HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DR. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO WONOGIRI TAHUN 2014

Ratna Wulandari, Sri Sugiarsi

Abstract


ABSTRACT

Health services could fulill the expectations and needs of the patient. Satisfaction is a person’s feeling of pleasure or disappointment that comes after knowing and comparing the results of the expectation and the thought. The success of health service is improving the quality of service that relatingwith the satisfaction. The purpose of this study is to determine the relationship between the quality services of nursing and the patient satisfaction in RSUD dr. Mangun Soediran Sumarso Wonogiri. This kind of study is a cross sectional with analytic approach. The instrument was a questionnaire. The populationwere all inpatients class III in April 2014 with 111 patients, and the sample was 53 with simple random sampling techniques. The analysis is used the chi square test. The results showed that the quality services of nursing are good with 13% respondents to choose satisied and 11% respondents to choose dissatisied, are enough with 45% respondents to choose satisied and 9% respondents to choose dissatisied and are bad 9% respondents to choose satisied and 11% respondents to choose dissatisied. Chi-square test results are signiicant value of p < 0.05 (0.0361 < 0.05) and X2 hitung e†X2 table (6.661 e†5.991). The conclusion is a signiicant relationship between the quality services of nursing with the patient satisfaction in RSUD dr. Mangun Soediran Sumarso Wonogiri. So improving the technical competence of nurses should have to be held like trainings and seminars about the abilities and skills of nurses to resolvethe patient complaints.

 

Keywords : Quality Assurance, Nurse, Patient Saticfation

Bibliography : 16 (2000-2013)

 

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit mampu memenuhi harapan dan kebutuhan pasien.Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah mengetahui hasil yang diharapkan dan yang dipikirkan, kemudian dua hasil tersebut dibandingkan.Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan sangat berhubungan erat dengan tingkat kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Jenis Penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap kelas III periode April 2014 sebanyak 111 pasien di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Besar sampel adalah 53 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan perawat dengan kategori baik dari responden yang menyatakan puas 13 % dan tidak puas 11 %. Mutu pelayanan perawat dengan kategori cukup dari responden yang menyatakan puas 45 % dan tidak puas 9 %. Mutu pelayanan perawat dengan kategori kurang dari responden yang menyatakan puas 9 % dan tidak puas 11 %. Hasil uji chi square diperoleh nilai signiikan p< 0,05 (0,0361 < 0,05) dan X2 hitungeâ€X2 tabel (6,661 e†5,991). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signiikan antara mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Untuk meningkatkan kompetensi teknis perawat sebaiknya perlu diselenggarakan pelatihan dan seminar tentang kemampuan dan keterampilan perawat dalam menyelesaikan keluhan pasien.

 

Kata kunci : Mutu Pelayanan, Perawat, Kepuasan Pasien

Kepustakaan : 16 (2000-2013)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.