TINJAUAN PENYEBAB KETERLAMBATAN KLAIM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PASIEN RAWAT JALANDI RUMAH SAKIT PANTI WALUYO SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT
JKN Claims Hospital Panti Waluyo Surakarta yet have speciic guidelines resulting in claims due to delay constraints is still an error occurred pengentrian patient data. The purpose of this study was to determine the causes of delay claims JKN Panti Waluyo Hospital Surakarta. The instrument of this study were interviews and observation. This type of research is descriptive method of interview and observation. Object of this research is the implementation of a claim JKN and subject of this study is the oficer responsible for the claim that there JKN Panti Waluyo Hospital Surakarta. The results showed the absence of procedures for iling a claim, so that the hospital based on the cooperation agreement between the Surakarta branch BPJS Hospital Panti Waluyo Surakarta. In the implementation is often encountered obstacles like incomplete documents and limited claims oficer. This causes a delay in iling a claim. Therefore, the hospitals need to check the ile that will be iled to claim every day in order to avoid delay claims. In addition, it is necessary to have a ixed procedure on the claim that the oficers JKN has guidelines in performing their duties and facilitate inter ested parties in iling a claim.
Â
Keywords : Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pasien Rawat Jalan
Literature : 7 (2006-2014)
Â
ABSTRAK
Pengajuan klaim JKN di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta belum memiliki pedoman khusus sehingga terjadi kendala penundaan klaim yang dikarenakan masih terjadi adanya kesalahan pengentrian data pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab keterlambatan klaim JKN di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Instrumen penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode wawancara dan observasi. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan klaim JKN dan subyek penelitian ini adalah petugas yang bertanggung jawab terhadap klaim JKN yang ada di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan belum adanya prosedur tentang pengajuan klaim, sehingga pihak Rumah Sakit berpedoman pada surat perjanjian kerjasama antara BPJS cabang Surakarta dengan Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Dalam pelaksanaannya masih sering ditemui kendala seperti dokumen tidak lengkap dan petugas klaim yang terbatas. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam pengajuan klaim.Oleh karena itu pihak rumah sakit perlu melakukan pengecekan berkas yang akan diajukan untuk di klaim setiap harinya agar tidak terjadi penundaan klaim. Selain itu perlu memiliki prosedur tetap tentang pengajuan klaim JKN agar petugas memiliki pedoman dalam melaksanakan tugasnya dan mempermudah pihak yang berkepentingan dalam pengajuan klaim.
Â
Kata Kunci : Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pasien Rawat Jalan
Kepustakaan :7 (2006-2014)Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.