GAMBARAN SIKAP PASIEN TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO
Abstract
ABSTRAK
Pasien mempunyai hak atas informasi medis dalam menerima pelayanan praktik kedokteran. Hak atas
informasi medis adalah hak pasien untuk mendapatkan informasi dari dokter tentang hal-hal yangberhubungan
dengan kesehatannya secara lengkap. Berdasarkan survei pendahuluan dapat diketahui bahwa terdapat 60%
pasien tidak percaya terhadap hak dan kewajiban pasien rawat inap tentang pelayanan di Rumah Sakit Umum
Daerah Sukoharjo.
Jenis penulisan adalah deskriptif . Instrument penulisan adalah kuesioner. Variabel penulisan ini adalah sikap
pasien tentang hak dan kewajiban pasien rawat inap.Populasi penulisan adalah pasien rawat inap bangsal cempaka
atas dengan sampel 30 menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisoner, uji
validitas menggunakan product moment dan uji realibilitas menggunakan kuisoner, Teknik pengambilan data
menjadi tabel dan diagram pie. Analisis data pasien yang digunakan adalah analisis diskriptif.
Hasil penulisan menunjukkan bahwa responden Sikap pasien rawat inap atas informasi medis pada kategori
baik sebanyak 22 (73%) dan kategori kurang sebanyak 8 (27%).Sikap pasien rawat inap terhadap persetujuan
tindakan pada kategori baik sebanyak 21 (70%) dan kategori kurang sebanyak 9 (30%).Sikap pasien rawat inap
atas disimpan rahasia penyakitnya pada kategori baik sebanyak 24 (73%) dan kategori kurang sebanyak 6 (20%).
Sikap pasien rawat inap terhadap kewajiban pasien terhadap rumah sakit pada kategori baik sebanyak 25 (83%)
dan kategori kurang sebanyak 5(17%).Sikap pasien rawat inap atas ketertiban informasi publik pada kategori baik
sebanyak 23 pasien (77%) dan kategori kurang sebanyak 7 pasien (23%).Rata-rata hasil keseluruhan sikap adalah
baik sejumlah 24 (80%) dan kurang sujumlah 6 (20%).
Gambaran sikap pasien tentang hak dan kewajiban pasien rawat inap sebagian besar bersikap baik. Diharapkan
RSUD Sukoharjo selalu membeikan informasi medis mengenai hak dan kewajiban pasien.
Kata kunci : Gambaran Sikap Pasien, Hak dan Kewajiban Pasien
Kepustakaan : 13 (1996-2010)
Pasien mempunyai hak atas informasi medis dalam menerima pelayanan praktik kedokteran. Hak atas
informasi medis adalah hak pasien untuk mendapatkan informasi dari dokter tentang hal-hal yangberhubungan
dengan kesehatannya secara lengkap. Berdasarkan survei pendahuluan dapat diketahui bahwa terdapat 60%
pasien tidak percaya terhadap hak dan kewajiban pasien rawat inap tentang pelayanan di Rumah Sakit Umum
Daerah Sukoharjo.
Jenis penulisan adalah deskriptif . Instrument penulisan adalah kuesioner. Variabel penulisan ini adalah sikap
pasien tentang hak dan kewajiban pasien rawat inap.Populasi penulisan adalah pasien rawat inap bangsal cempaka
atas dengan sampel 30 menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisoner, uji
validitas menggunakan product moment dan uji realibilitas menggunakan kuisoner, Teknik pengambilan data
menjadi tabel dan diagram pie. Analisis data pasien yang digunakan adalah analisis diskriptif.
Hasil penulisan menunjukkan bahwa responden Sikap pasien rawat inap atas informasi medis pada kategori
baik sebanyak 22 (73%) dan kategori kurang sebanyak 8 (27%).Sikap pasien rawat inap terhadap persetujuan
tindakan pada kategori baik sebanyak 21 (70%) dan kategori kurang sebanyak 9 (30%).Sikap pasien rawat inap
atas disimpan rahasia penyakitnya pada kategori baik sebanyak 24 (73%) dan kategori kurang sebanyak 6 (20%).
Sikap pasien rawat inap terhadap kewajiban pasien terhadap rumah sakit pada kategori baik sebanyak 25 (83%)
dan kategori kurang sebanyak 5(17%).Sikap pasien rawat inap atas ketertiban informasi publik pada kategori baik
sebanyak 23 pasien (77%) dan kategori kurang sebanyak 7 pasien (23%).Rata-rata hasil keseluruhan sikap adalah
baik sejumlah 24 (80%) dan kurang sujumlah 6 (20%).
Gambaran sikap pasien tentang hak dan kewajiban pasien rawat inap sebagian besar bersikap baik. Diharapkan
RSUD Sukoharjo selalu membeikan informasi medis mengenai hak dan kewajiban pasien.
Kata kunci : Gambaran Sikap Pasien, Hak dan Kewajiban Pasien
Kepustakaan : 13 (1996-2010)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.