ANALISIS DESAIN FORMULIR LAPORAN OPERASI (RM 16) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR

Sofiana Kusniya Hanik, Rano Indradi Sudra, Rohmadi RMD

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang : Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar masih ditemukan formulir laporan operasi (RM 16) masih kurang baik, Formulir laporan operasi belum ada heading atau kepala formulir tentang identitas dan logi rumah sakit, untuk intruksi juga masih kurang untuk item dikirim untuk P.A dan klasifikasi. Bahan dari formulir tersebut masih menggunakan kertas buram yang apabila untuk menulis prosedur laporan operasi, tintanya masih dapat menembus kertas, serta masih kurang adanya item nomer rekam medis pasien  yang apabila formulir tersebut terpisah dari foldernya akan sulit untuk mengidentifikasinya, dan masih kurang item jenis kelamin pasien yang dapat mempengaruhi jumlah pasien berdasarkan jenis kelamin. Tujuan Penelitian untuk  mengetahui aspek desain formulir dari formulir laporan operasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar tahun 2012.

Metode : Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dengan variabel aspek fisik, aspek anatomi, aspek isi. Dalam penelitian ini subyeknya adalah kepala perawat operasi. Objek penelitian adalah formulir laporan operasi yang dianalisis secara deskriptif.

Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar dilihat dari aspek fisik, anatomi dan isi. Aspek fisik dilihat dari bentuk, ukuran, bahan formulir yang masih menggunakan kertas buram, dan warna kecoklatan. Aspek Anatomi masih perlu menambahkan instruction “ beri tanda (√)†untuk pengisian item dikirim untuk pemeriksaan Patologi Anatomi dan klasifikasi. Selain itu semua item data tersebut cara pengisian formulirnya dengan uraian kalimat atau isian yang mudah dimengerti dan dibaca oleh dokter/ pengguna. Aspek isi pada butir item / data dan pengelompokkan data (grouping) memerlukan penambahan nomer rekam medis  dan jenis kelamin agar identitas pasien lebih spesifik dan sebagai informasi dalam penanganan operasi pasien.

Simpulan dan Saran : Aspek anatomi pada formulir laporan operasi untuk item data yang tercantum dalam formulir laporan operasi belum sesuai dengan aspek anatomi Sedangkan Aspek fisik dan Aspek isi formulir laporan operasi sudah sesuai dengan aspek fisik dan aspek isi. Disarankan Perlu dicantumkan item nomer rekam medis dan jenis kelamin pada item identitas pasien.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.