ANALISIS KEAKURATAN PENGISIAN KARTU INDEKS PENYAKIT KASUS FRACTURE RADIUS DI RSUD KARANGANYAR TAHUN 2010

Holy Yunita Nuraini, Rano Indradi Sudra, Dewi Lena Suryani K

Abstract


ABSTRAK

Pelayanan yang paling penting dari Medical Record adalah dapat menampilkan kembali data pasien berupa data perawatan pasien meliputi penyakit, operasi dan pengobatan yang dicatat dalam sebuah daftar data khusus yang disebut indeks. Survey awal menunjukkan bahwa terdapat ketidakakuratan pada pengisian kartu indeks penyakit, terutama pada kolom angka ke 4 ICD-X, komplikasi dan operasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui keakuratan pengisian kartu indeks penyakit Fracture Radius di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar Tahun 2010.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif sedangkan untuk rancangan penelitian dilakukan dengan pendekatan retrospektif. Variabel penelitiannya adalah keakuratan. Populasi yang digunakan adalah kartu indeks penyakit Fracture Radius, sedangkan sample yang digunakan adalah  sampel jenuh.

Hasil penelitian pengisian kartu indeks berdasarkan keakuratan pada pengisian kode diagnosa pada kartu indeks Fracture Radius belum akurat, sebab penulisan No Kode (Revisi ICD-X) belum sesuai pada diagnosis maupun kode penyakit yang tertulis didalam kartu indeks. Hal tersbeut dapat mengakibatkan kesalahan dalam pelaporan rumah sakit maupun penentuan 10 besar penyakit. Keakuratan pengisian kolom pada kartu indeks Fracture Radius belum akurat, sebab masih terdapat kolom yang tidak terisi yaitu kolom angka ke 4 ICD-X, komplikasi dan operasi serta masih terjadi kesalahan dalam pengisian setiap kolom.Keakuratan pengisian baris pada kartu indeks Fracture Radius belum akurat, karena masih terjadi kesalahan dalam penulisan baris yang dapat mengakibatkan kesalahan kolom sehingga terjadi ketidak akuratan pengisian kartu indeks. Keakakuratan pengisian kartu indeks penyakit Fracture Radius adalah 100%. Hal tersebut akan berpengaruh pada keakuratan pelaporan data statistic rumah sakit.

Penulisan No Kode (ICD Revisi IX) sebaiknya ditulis berdasarkan diagnosis, sihingga kode yang dimasukkan ke dalam kartu indeks dapat sesuai dengan No Kode (ICD Revisi X). Pengisian kolom sebaiknya ditulis dengan benar, sebab akan mempengaruhi keakuratan data pada kartu indeks. Pengisian setiap baris sebaiknya ditulis dengan benar, sebab akan mempengaruhi keakuratan dalam pengisian kolom. Pengisian  kolom dan baris perlu ditulis dengan benar, sebab akan mempengaruhi keakuratan pada kartu indeks Fracture radius.

Kata Kunci          : Keakuratan dan Kartu Indeks

Kepustakaan       : 16-1972/2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.