ANALISIS KEAKURATAN KODE 10 BESAR TINDAKAN OPERASI PADA FORMULIR RESUME PASIEN PULANG BERDASARKAN ICD-9-CM DI BRSD RAA SOEWONDO PATI TRIWULAN I TAHUN 2009

Rosi Hariani, Dewi Lena SK, Riyoko .

Abstract


ABSTRAK

Berlakunya sistem Indonesia Diagnostic Related Groups (INA DRGs), dalam pembayaran pelayanan kesehatan di rumah sakit, peran perekam medis sangat menentukan terutama penentuan kode penyakit maupun kode tindakan yang menentukan biaya pelayanan kesehatan. Hal ini berarti bahwa jika terjadi kesalahan dalam menentukan kode penyakit maupun kode tindakan pasien, maka akan muncul biaya yang harus ditanggung tidak sesuai dengan kondisi dan penyakit pasien. Penulisan kode tindakan medis di BRSD RAA Soewondo Pati tertulis di formulir resume pasien pulang (Lembar Resume Keluar).Tujuan Penelitian untuk mengetahui keakuratan kode 10 besar tindakan operasi berdasarkan ICD-9-CM di BRSD RAA Soewondo Pati triwulan I tahun 2009.

Jenis Penelitian deskriptif dengan pendekatan studi dokumentasi. Metodologi observasi, dengan populasi kode tindakan operasi pada formulir resume pasien pulang khususnya dari 10 besar jenis tindakan operasi di BRSD RAA Soewondo Pati triwulan I tahun 2009 sebanyak 444 formulir. Sampel berupa quota sampling pada 88 formulir, menggunakan analisis deskriptif.

Hasil analisis keakuratan dari 88 lembar formulir resume pasien pulang pasien rawat inap terdapat 66 kode (75%) tindakan operasi yang akurat dan kode tindakan operasi yang tidak akurat sebesar 22 kode (25%). Faktor ketidakakuratan kode tindakan operasi dikarenakan pemilihan kode yang salah, tidak dilakukannya tinjauan ulang keseluruhan penulisan kode tindakan operasi terhadap jenis tindakan operasi dan tidak dilakukannya pengkodean pada beberapa jenis tindakan operasi.

Disarankan dibuat protap tentang penggunaan ICD-9-CM sebagai pedoman dalam pengkodean tindakan operasi, digunakannya sarana Kamus Bahasa Inggris dan Kamus Kedokteran dalam membantu melakukan pengkodean tindakan operasi berdasarkan ICD-9-CM, Perlunya pelatihan bagi petugas koding dan dilakukannya tinjauan ulang keseluruhan catatan dalam formulir laporan operasi.

 

Kata kunci :Keakuratan Kode, 10 Besar Tindakan Operasi, ICD-9-CM

Kepustakaan : 21 (1974-2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.