GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN KUNJUNGAN ULANG DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Fifin Nurhalimmah, Sri Sugiarsi

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan survei pendahuluan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyahditemukan 18 (60%) pasien kurang puas terhadap pelayanan yang diterimanya.Sedangkan 12(40%) pasien merasa puas dengan pelayanan kesehatan yangdiperolehnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tingkat kepuasan pasienrawat jalan kunjungan ulang di rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan pengambilan sampel dengan teknikaccidental sampling dengan besar sampel 30 pasien. Instrumen penelitian adalahkuesioner dan analisis data secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan padadimensi mutu kompetensi teknik, puas sejumlah 22 pasien (73,3%) dan tidak puassejumlah 8 pasien (26,7%), dimensi mutu kenyamanan, puas sejumlah 22 pasien(73,3%) dan tidak puas sejumlah 8 pasien (26,7%), dan dimensi efisiensi pelayanankesehatan, puas sejumlah 20 pasien (66,7%) dan tidak puas sejumlah 10 pasien(33,3%).

Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar pasien puas terhadap pelayananrumah sakit. Disarankan kepada RS PKU Muhammadiyah Karanganyar untukmenjaga mutu dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga angka kunjungan ulangmeningkat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.