ANALISIS KEAKURATAN KODE DIAGNOSIS PPOK EKSASERBASI AKUT BERDASARKAN ICD 10 PADA DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP DI RSUD SRAGEN TRIWULAN II TAHUN 2011

Siti Nurul Kasanah, Rano Indradi Sudra

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang : Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan salah satu dari kelompok penyakit tidak menular yang telah menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO), menunjukkan bahwa pada tahun 1990 PPOK menempati urutan ke-6 sebagai penyebab utama kematian di dunia, sedangkan pada tahun 2002 telah menempati urutan ke-3 setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker. Di RSUD Sragen, diketahui banyak diagnosis utama PPOK yang ditulis tidak jelas oleh dokter sehingga mempengaruhi keakuratan kode diagnois. Tujuan penelitian untuk mengetahui keakuratan kode diagnosis PPOK eksaserbasi akut berdasarkan ICD-10 pada Dokumen Rekam Medis pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen triwulan II tahun 2011.         

Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif. Rancangan penelitian dengan pendekatan retrospektif. Metodologi observasi, dengan populasi kode diagnosis PPOK eksaserbasi akut pada Dokumen Rekam Medis pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen triwulan II tahun 2011 dengan populasi sebanyak 59 dokumen. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena peneliti akan mengambil keseluruhan kasus PPOK Eksaserbasi Akut untuk dijadikan sampel. Sehingga penelitian ini menggunakan sampel jenuh.

Hasil dan Pembahasan : Hasil analisis keakuratan kode diagnosis PPOK eksaserbasi akut dari 59 dokumen rekam medis pasien rawat inap terdapat 58 kode (98%) kode diagnosis yang akurat dan kode diagnosis yang tidak akurat sebesar 1 kode (2%). Faktor ketidakakuratan kode diagnosis PPOK eksaserbasi akut dikarenakan kesalahan reseleksi kondisi utama (MB1-MB5).

Simpulan dan Saran : Disarankan petugas koding melakukan revisi pada buku bantu yang sesuai dengan ICD-10 dan melakukan reseleksi kondisi utama agar kode diagnosis yang dihasilkan akurat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.