TINJAUAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS UNTUK KLAIM ASURANSI JASA RAHARJA DI RSUD dr. SOEDIRAN MANGUN SUMARSOTAHUN 2011

Dyah Wuryaningsih, Rano Indradi Sudra, Antik Pujihastuti

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan survei awal diketahui bahwa di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso jumlah total permintaan pelepasan informasi medis khususnya untuk klaim asuransi Jasa Raharja merupakan jumlah permintaan tertinggi yaitu sebesar 106 permintaan.Selain itu Jasa Raharja merupakan sebuah lembaga persero yang ditangani oleh pemerintah dan menangani kasus dengan cakupan yang lebih luas dibanding dengan lembaga asuransi lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuipelepasan informasi medis untuk klaim asuransi Jasa Raharja.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pelepasan informasi medis untuk klaim asuransi Jasa Raharja. Subyek penelitian ini adalah petugas yang bertanggungjawab pelepasan informasi medis yang ada di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa RSUD dr. Soediran Mangun Sumarsosudah memiliki kebijakan dan prosedur tetap tentang pelepasan informasi medis.Di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso selama tahun 2011 dalam kelengkapan syarat-syarat pelepasan informasi medis sudah terpenuhi sehingga mempermudah proses pelepasan informasi medis. Sedangkan informasi yang dibutuhkan dalam pelepasan informasi medis untuk klaim asuransi Jasa Raharja sesuai dengan informasi yang dibutuhkan oleh pihak Jasa Raharja, dan informasi yang dibutuhkan berupa grafik vital sign, hasil pemeriksaan laboratorium, resume, hasil pemeriksaan penunjang seperti radiodiagnostik.

Oleh karena itu, disarankan RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso diharapkan memiliki kebijakan dan prosedur tetap yang khusus untuk pelepasan informasi untuk klaim asuransi Jasa Raharja agar mempermudah dalam pelaksanaan pelepasan informasi medis.

 

Kata kunci           : Pelepasan Informasi Medis, Jasa Raharja.

Kepustakaan       : 14 (1991-2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.