KARAKTERISTIK PASIEN PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR PERIODE TAHUN 2010
Abstract
Â
ABSTRAK
Latar Belakang: Pasien yang dirawat di rumah sakit pulang setelah diijinkan oleh dokter yang merawat. Tetapi pada kenyataannya di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar masih dijumpai pasien pulang atas permintaan sendiri. Berdasarkan survei pendahuluan dilihat melalui observasi terhadap 30 dokumen rekam medis pasien pulang atas permintaan sendiri lama dirawat rata-rata 2 hari sedangkan menurut karakteristik diketahui bahwa berdasarkan umur tertinggi pada umur 45-64 tahun sebanyak 8 pasien (26,7%), berdasarkan jenis kelamin tertinggi pada laki-laki sebanyak 20 pasien (66,7%).Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran karakteristik pasien pulang Atas Permintaan Sendiri (APS). Karakteristik pasien yang meliputi jenis kelamin, golongan umur, diagnosis, asal bangsal, rata-rata dirawat dan kode dokter.
Metode: Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan secara Retrospektif. Instrumen penelitian dengan menggunakan metode observasi pada data laporan pasien rawat inap Di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. Sampel yang digunakan Sampling Jenuh.
Hasil dan Pembahasan: Karakteristik pasien pulang APS meliputi umur terbanyak pasien pulang APS pada laki-laki berumur 45-64 tahun 150 pasien dengan rata rata lama dirawat 2 hari. Banyak dirawat oleh dokter dengan kode S034, diagnosis terbanyak fever dengan rata rata lama dirawat selama 2 hari dan banyak dirawat oleh dokter dengan kode S003, asal bangsal dan kelas perawatan terbanyak pada mina kelas III 195 orang dengan penyebab pasien yang dirawat di mina memutuskan untuk pulang APS adalah tidak ada perubahan terhadap kondisi penyakitnya, pasien merasa sudah sembuh, tidak punya biaya, pindah rumah sakit, minta rawat jalan, pindah jamkesmas dan sudah kritis, rata-rata lama dirawat terbanyak pada diagnosis intoxikasi obat 36 hari dan dokter yang merawat terbanyak pada dokter dengan kode S003.
Simpulan dan Saran: Sebaiknya petugas rumah sakit bagian manajemen pelayanan keliling ke bangsal setiap 2 hari sekali untuk menanyakan kondisi atau kepuasan pasien selama dirawat dirumah sakit tersebut untuk menindak lanjuti pasien pulang atas permintaan sendiri.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.