Tinjauan Alur Prosedur Pendaftaran Pasien Rawat Inap Askes PNS di RSU Pandan Arang Boyolali

Bayu Narotama Eka, Antik Pujihastuti, Riyoko .

Abstract


ABSTRAK

RSU Pandan Arang Boyolali dalam melayani pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS telah tercantum pada prosedur tetap pendaftaran pasien umum sedangkan aturan prosedur pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS secara rinci  diatur berdasarkan perjanjian kerjasama antara PT Askes dengan pihak rumah sakit. Akan tetapi masih ditemukan ketidaklengkapan persyaratan yang tidak dibawa oleh pasien terutama pada surat rujukan dari dokter pribadi atau puskesmas sehingga terjadi ketidaklengkapan yang melebihi batas waktu 2 x 24 jam. Dengan tujuan untuk mengetahui prosedur  pendaftaran pasien rawat inap dengan Askes PNS.

Jenis penelitian ini adalah secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Obyek penelitian ini adalah alur prosedur pendaftaran pasien rawat inap dengan Askes PNS di RSUD Pandan Arang Boyolali dengan metode wawancara dan observasi kemudian  data dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSU Pandan Arang Boyolali dalam melayani pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS telah tercantum pada prosedur tetap pendaftaran pasien umum sedangkan aturan prosedur pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS secara lengkap terdapat pada perjanjian kerja sama antara PT Askes dengan pihak rumah sakit. Selain itu dalam pelengkapan persyaratan pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS masih ditemukan ketidaklengkapan persyaratan pasien rawat inap Askes berupa surat rujukan dari puskesmas maupun dokter pribadi yang melebihi batas waktu 2 x 24 jam.sehingga terjadi ketidak lengkapan yang melebihi batas waktu tersebut.

Simpulan dari penelitian ini  RSU Pandan Arang Boyolali dalam melayani pendaftaran pasien rawat inap Askes PNS telah tercantum pada prosedur tetap pendaftaran pasien rawat inap umum, akan tetapi berpedoman pada perjanjian kerja sama antara PT Askes dengan pihak rumah sakit

 

Kata Kunci          :     Alur Prosedur  Pendaftaran, Pasien Rawat Inap, Askes PNS

Kepustakaan       :   8 (1994-2008)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.