HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DENGAN SIKAP DALAM MENCEGAH PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DI SMAN 1 SAMBUNGMACAN

Andriyani Puji Hastuti

Abstract


ABSTRAK

 

Masa remaja (10-19 tahun) adalah masa yang khusus dan penting karena merupakan periode pematangan organ reproduksi manusia. Masa remaja disebut juga masa pubertas yang merupakan masa transisi yang unik ditandai dengan berbagai perubahan fisik,emosi dan psikis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang penyakit menular seksual terhadap sikap dalam mencegah penyakit menular seksual di SMAN 1 Sambungmacan.

Penelitian ini menggunakan penelitian analitik. Pendekatan waktu yang digunakan adalah Cross Sectional, menggunakan teknik sampling  cluster random sampling dengan sampel sebanyak 40 responden, istrumen yang digunakan adalah kuesioner.

Dari 40 responden, 24 responden (60%) memiliki tingkat pengetahuan yang baik tentang penyakit menular seksual dan 21 responden (52,5%) memiliki sikap sangat setuju dalam mencegah penyakit menular seksual.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan remaja tentang penyakit menular seksual adalah baik, sikap remaja dalam mencegah penyakit menular seksual adalah sangat setuju. Dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan remaja tentang penyakit menular seksual terhadap sikap dalam mencegah penyakit menular seksual.

 

 

 

 

 

 

 

Kata kunci : Pengetahuan,Remaja, PMS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter