SIKAP IBU BEKERJA YANG MEMILIKI BAYI 0-6 BULAN TENTANG ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KEBAKKRAMAT I KARANGANYAR

Yanti -, Ika Tristanti

Abstract


ABSTRAK

 

Air Susu Ibu (ASI) adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam anorganik  yang sekresi oleh kelenjar mamae ibu, yang berguna sebagai makanan bagi bayinya. Pemberian ASI Eksklusif juga dapat menciptakan iklim psikologis dan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi. Dalam era globalisasi banyak ibu yang bekerja, keadaan ini sering menjadi kendala bagi ibu untuk memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ibu bekerja yang memiliki bayi 0-6 bulan tentang ASI Eksklusif di Puskesmas Kebakramat I Karanganyar.

Jenis penelitian  ini adalah diskriptif yaitu membuat gambaran tentang suatu keadaan secara obyektif untuk menggambarkan sikap ibu nifas yang bekerja tentang ASI Eksklusif di Puskesmas Kebakkramat I Karanganyar.

Hasil penelitian terdapat 21 responden (70%) memberikan respon sikap positif mengenai sikap ibu bekerja yang memiliki bayi 0-6 bulan tentang ASI Eksklusif dan 9 orang responden (30%) ibu bekerja yang menunjukkan sikap negatif pada pemberian ASI eksklusif pada bayinya.

Simpulan dari Karya Tulis Ilmiah ini adalah sebagian besar sikap ibu bekerja yang memiliki bayi 0-6 bulan memberikan respon positif dalam memberikan ASI Eksklusif yaitu dari 30 responden terdapat 21 responden (70%) yang memberikan positif dan 9 responden (30%) memberikan sikap negatif.

 

 

Kata kunci     :           Sikap, ibu bekerja, ASI Eksklusif.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter