PENGARUH PUTING SUSU LECET TERHADAP PENERAPAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KEBAKKRAMAT I KARANGANYAR

Ika Tristanti

Abstract


ABSTRAK

 

Menyusui sangat penting untuk tumbuh kembang bayi dan anak, baik untuk kesehatan ibu dan ekonomis bagi keluarga. Meskipun ASI sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi tetapi banyak sebagian ibu – ibu yang tidak memberikan ASI pada bayi mereka. Puting lecet adalah masalah menyusui di mana puting mengalami cedera karena lecet, kadang kulitnya sampai terkelupas atau luka berdarah dan merupakan faktor penghalang ibu memberikan ASI bagi bayinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh puting susu lecet terhadap penerapan ASI eksklusif ,untuk mengetahui frekuensi terjadinya puting susu lecet pada ibu menyusui,untuk mengetahui penerapan ASI eksklusif pada ibu menyusui.

 

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode observasi analitik dengan  pendekatan potong lintang ( Cross Sectional). Lokasi penelitian ini adalah Puskesmas Kebakkramat I  Karanganyar. Waktu penelitian yaitu bulan Maret 2014.  Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui bayi usia 0 – 6 bulan di wilayah Puskesmas Kebakkramat I Kabupaten Karanganyar pada bulan Maret 2014 .Teknik pengambilan sampel (teknik sampling) dengan Accidental sampling yaitu menentukan sampel non random (yang kebetulan ditemui pada saat pengambilan data penelitian), jumlah responden 83 orang.

 

Didapatkan bahwa dari 83 orang responden yang pernah  mengalami puting susu lecet pada masa menyusui sebanyak 24 orang. Didapatkan bahwa dari 83 orang responden yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya selama 6 bulan pertama usia kehidupannya hanya 26 orang. Hasil penghitungan didaatkan jika dibandingkan dengan X2 tabel maka 1,814 < 3,841 maka disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada pengaruh antara puting susu lecet dengan penerapan ASI eksklusif pada ibu menyusui bayi usia 0-6 bulan di Puskesmas Kebakkramat I Karanganyar.

 

 

 

Kata kunci : Puting susu lecet, ASI Eksklusif


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter