TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA PADA SISWI KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 MAOSPATI MAOSPATI, MAGETAN

Yeni Dhian Novitasari, Luluk Nur Fakhidah

Abstract


ABSTRAK

Kanker payudara merupakan kanker yang sering dijumpai dalam masyarakat Indonesia dan menempati urutan ke dua terbanyak setelah kanker leher rahim. Umur penderita kanker payudara termuda adalah 20-29 tahun, yang tertua 80-89 tahun, dan terbanyak berumur 40-49 tahun, yakni 130 kasus. Menurut riset yang telah dilakukan oleh Titah rahayu mengemukakan bahwa terdapat penderita kanker payudara yang berusia 18 tahun. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan cara wawancara pada beberapa siswi didapatkan hasil tingkat pengetahuan yang kurang tentang kanker payudara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan tentang kanker payudara pada siswi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Maospati dan untuk mengetahui pengetahuan siswi berdasarkan umur.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maospati pada bulan Maret 2010. Populasi adalah seluruh siswi Kelas XII IPA. Dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sample, besar sampel 110 siswi Kelas XII IPA. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan pertanyaan tertutup sejumlah 24 pertanyaan yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan tentang kanker payudara pada siswi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Maospati Magetan dengan kategori cukup sebanyak 75 responden (68,2%). Tingkat pengetahuan tentang kanker payudara pada siswi Kelas XII berdasarkan umur dengan tingkat pengetahuan cukup umur 17 tahun sebanyak 47 orang (71,2 %).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan tentang kanker payudara pada siswi kelas XII IPA SMA Negeri 1 Maospati Magetan mayoritas berumur 17 tahun dengan tingkat pengetahuan cukup sebanyak 47 responden (71,2%).

 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Kanker Payudara

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter