TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PHBS RUMAH TANGGA DI DUSUN MALANGJIWAN DESA MALANGJIWAN KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR

Uji Utami

Abstract


ABSTRAK

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai wujud operasional promosi kesehatan merupakan upaya mengajak, mendorong kemandirian masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat untuk mengenalkan pola hidup sehat kepada masyarakat dibuat rumusan peran yang jelas, sederhana dan dapat ditangkap atau dimengerti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang PHBS Rumah Tangga, pengertian PHBS, manfaat PHBS, dan indikator PHBS Rumah Tangga di Dusun Malangjiwan Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Metode penelitian ini menggunakan diskriptif dengan metode pengambilan sampel sampling jenuh. Penelitian dilakukan di Dusun Malangjiwan Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar waktu penelitian bulan Juli 2012. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh KK (masyarakat) yang ada di Dusun Malangjiwan Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Sampel dalam penelitian ini yaitu masyarakat/KK di Dusun Malangjiwan Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar berjumlah 67 orang. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner tertutup sejumlah 22 pertanyaan.

            Hasil penelitian ini tingkat pengetahuan masyarakat tentang PHBS Rumah Tangga sebagian besar cukup sebanyak 82,1%. Pengertian PHBS sebagian besar cukup sebanyak 49,3%. Manfaat PHBS sebagian besar cukup sebanyak 59,7%. Indikator PHBS Rumah Tangga sebagian besar cukup sebanyak 62,7%.

Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat tentang PHBS Rumah Tangga di Dusun Malangjiwan Desa Malangjiwan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar termasuk dalam kategori cukup (82,1%).

 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, BHBS Rumah Tangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter