HUBUNGAN PERILAKU HYGIENE ORGAN REPRODUKSIDENGAN KEJADIAN ABNORMAL FLUOR ALBUS PADA REMAJA PUTRI DI SMP N 17 SURAKARTA

Anindhita Yudha Cahyaningtyas

Abstract


ABSTRAK

Salah satu masalah yang timbul pada wanita usia subur adalah keputihan. Perempuan yang memiliki riwayat infeksi yang ditandai dengan keputihan berkepanjangan mempunyai dampak buruk untuk masa depan kesehatan reproduksinya. Sehingga dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kebersihan genitalia.Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui hubungan perilaku hygiene organ reproduksi dengan kejadian abnormal fluor albus pada remaja putri di SMPN 17 Surakarta.

Metode penelitian ini yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilakukan di SMP N 17 Surakarta. Waktu penelitian Desember-Februari  2015. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMPN sejumlah 76 orang dengan teknik sampel simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis mengunakan uji analisis Chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengujian menggunakan Chi square didapatkan hasil bahwa nilai  p-value 0.454, sehingga p-value > 0.05, maka didapatkan hasil tidak terdapat hubungan antara perilaku hygiene organ reproduksi dengan kejadian abnormal fluor albus. Perilaku hygiene organ reproduksi dibagi menjadi kategori baik, cukup, dan kurang. Siswi yang mempunyai perilaku baik sejumlah 20 orang, perilaku cukup 34 orang, dan perilaku kurang 22 orang.

Simpulan yang diperoleh tidak terdapat hubungan antara perilaku hygiene organ reproduksi dengan kejadian abnormal fluor albus pada remaja putri di SMP N 17 Surakarta. Remaja putri yang mengalami kejadian abnormal fluor albus sejumlah 44 (47,9 %). Dan terdistribusi sejumlah 14  siswa dengan perilaku kurang, 17 mahasiswa dengan perilaku cukup, dan 13 mahasiswa dengan perilaku baik.

 

 

 

Kata kunci : perilaku hygiene organ reproduksi, kejadian abnormal fluor albus, remaja putri

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter