TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TABLET FE DI BPS SULASTRI WONOLOPO TASIKMADU KARANGANYAR

Ana Wigunantiningsih

Abstract


ABSTRAK

Hasil Rikesdas tahun 2007 menunjukkan angka kejadian anemia sebesar 24,5%. Tahun 2009 di kabupaten Karanganyar ibu hamil yang tidak mendapatkan tablet Fe sebanyak 610 orang (4,3%). Anemia dalam kehamilan dapat berpengaruh buruk terutama saat kehamilan, persalinan dan nifas. Studi pendahuluan wawancara pada bulan Maret 2010 di BPS Sulastri Wonolopo Tasikmadu Karanganyar dari 10 orang ibu hamil 7 orang (70%)  yang mengetahui tentang tablet zat besi dan sisanya 3 orang (30%) belum mengetahui tentang tablet zat besi.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe di BPS Sulastri Wonolopo Tasikmadu Karanganyar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif  pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Instrument berupa kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Subjek penelitian yaitu ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPS Sulastri Wonolopo Tasikmadu Karanganyar, pada bulan Mei-Juni sejumlah 54 orang, dengan teknik analisa data secara univariat.

Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe  secara umum pada kategori cukup sejumlah 29 responden (53,7%) dan paling sedikit pada kategori kurang sejumlah 10 responden (18,5%).

Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe secara umum termasuk dalam kategori cukup sejumlah 29 responden (53,7%).

 

 

 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Tablet Fe


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter