HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP ASI) DI POSYANDU BUNGA KRISAN TULAKAN SINE NGAWI

Ana Wigunantiningsih

Abstract


ABSTRAK

 

Makanan pendamping ASI adalah makanan yang diberikan pada bayi  atau anak disamping ASI mulai usia 6 bulan secara bertahap. Bayi mengalami pertumbuhan pesat, sehingga disamping ASI bayi memerlukan makanan pendamping yang baik dan bergizi seimbang untuk pertumbuhanya. Tinggi rendahnya pengetahuan ibu sangat berpengaruh terhadap pemberian makanan pendamping ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping ASI di Posyandu Bunga Krisan Tulakan Sine ngawi.

Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling (30 responden). Tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping ASI diukur menggunakan kuesioner, data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji korelasi dengan chi square.

Hasil dari analisis data menggunakan uji korelasi dengan chi square diperoleh hasil c2 hitung sebesar 9,089 sedangkan c2 tabel dengan df = 2 dan           a = 5% adalah sebesar 5,591, maka c2 hitung > c2 tabel (9,089 > 5,591), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk mengetahui besarnya hubungan antara variabel tingkat pengetahuan ibu dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping ASI digunakan analisis koefisien kontingensi dengan hasil C=0,482 termasuk dalam kategori tingkat hubungan yang sedang.

Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan kuat antara tingkat pengetahuan ibu menyusui dengan ketepatan waktu pemberian makanan pendamping ASI di Posyandu Bunga Krisan Tulakan Sine ngawi. Semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu maka waktu pemberian makanan pendamping ASI akan semakin tepat.

 

Kata Kunci :Tingkat Pengetahuan, Ibu Menyusui, Makanan Pendamping ASI



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter