HUBUNGAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG PAP SMEAR DENGAN KEJADIAN KANKER SERVIKS DI PUSKESMAS TASIKMADU KARANGANYAR

Any Apriyanti

Abstract


ABSTRAK

 

 

Angka kejadian kanker serviks di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2010 berjumlah 15 kasus dari 123.750 Wanita Usia Subur (WUS). Sedangkan di Puskesmas Tasikmadu terdapat 2/ 1657 WUS pada tahun 2012. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan wanita usia subur tentang pap smear dengan kejadian kanker serviks di Puskesmas Tasikmadu.

Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilaksanakan di Puskesmas Tasikmadu pada bulan Maret – April 2014. Sampel dalam penelitian Jumlah sampel yang digunakan 37 responden dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan pertanyaan tertutup sejumlah 21 pertanyaan untuk pengetahuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai hitung Chi kuadrat (X2) sebesar 23,172 dan derajat kebebasan (df) = 2, maka X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (23,172 > 5,991). Sedangkan untuk nilai signifikansi menunjukkan    p > 0,001 (p < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan wanita usia subur tentang pap smear dengan kejadian kanker serviks di Puskesmas Tasikmadu Karanganyar dengan hubungan keeratan kuat sebesar 0,621.

Simpulan yang dapat diperoleh yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan wanita usia subur tentang pap smear dengan kejadian kanker serviks di Puskesmas Tasikmadu Karanganyar dengan hubungan keeratan kuat.

 

 

Kata  kunci : Tingkat Pengetahuan, Pap Smear,Kanker Serviks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter