Tingkat Pengetahuan Ibu-Ibu Pkk Tentang Kanker Serviks Di Desa Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun 2013

Any Apriyanti

Abstract


ABSTRAK

Salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian adalah kanker serviks yang menempati urutan pertama dari seluruh penyakit kanker yang menyerang wanita. Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2007 kejadian kanker payudara di Indonesia sebanyak 8.227 kasus atau 16,85 % dan kanker leher rahim 5.786 kasus atau 11,78 %. Kabupaten Karanganyar merupakan kabupaten pengembangan pilot project deteksi dini kanker leher rahim di Provinsi Jawa Tengah, sehingga Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam membantu  menyebarkan informasi pencegahan kanker leher rahim sejak dini di Kabupaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu-ibu PKK tentang kanker serviks di Desa Tawangmangu  Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian dilaksanakan di Desa Tawangmangu  Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dengan 23 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan 27 pertanyaan yang sudah diuji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan Ibu-ibu PKK Desa Tawangmangu  Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tentang kanker serviks termasuk pada kategori kurang sejumlah 17 responden (73,9%), kategori Cukup 5 responden (21,7%) dan paling sedikit pada kategori baik sejumlah 1 responden (4,3%).

Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan Ibu-ibu PKK DI Desa Tawangmangu  Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tentang kanker serviks termasuk pada kategori Kurang sejumlah 17 responden (73,9%).

Kata kunci : Kanker serviks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter