HUBUNGAN ANTARA LAMA PEMAKAIAN KB SUNTIK DMPA DENGAN KEJADIAN AMENORHEA PADA AKSEPTOR KB SUNTIK DMPA DI RB KUSMAHATI I KARANGANYAR

Selvia Wedhayanti Putri, Any Apriyanti

Abstract


ABSTRAK

Keluarga Berencana merupakan upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Efek samping terbesar dari pemakaian kontrasepsi ini adalah amenorhea. DMPA ini diberikan setiap 3 bulan sekali secara intra muskuler. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan kejadian amenorhea.

Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik penggambilan sampel yang di gunakan adalah accidental sampling dan didapatkan sampel sebesar 46 responden. Alat yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kartu akseptor KB dan kuesioner, dengan analisa data menggunakan rumus Chi-kuadrat.

Hasil penelitian di peroleh c2hitung­28,123>c2 tabel 7,815maka Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara lama penggunaan jenis kontrasepsi suntik DMPA dengan kejadian amenorhea.

Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara lama pemakaian KB Suntik DMPA dengan Kejadian Amenorhea, artinya semakin lama penggunaan KB suntik DMPA maka semakin meningkat kejadian amenorhea. 

 

 

 

Kata Kunci : Hubungan, Pemakaian KB Suntik, Amenorhea

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter