GAMBARAN PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU NIFAS DI BPS SRI SUGIYARTININGSIH TAWANGMANGU KARANGANYAR TAHUN 2012

Any Apriyanti

Abstract


ABSTRAK

 

ASI merupakan makanan yang paling cocok bagi bayi, ASI dihasilkan oleh payudara. Pada ibu post partum, harus dilakukan perawatan payudara atau pemeriksaan payudara minimal diinpeksi dan dipalpasi, dimaksudkan agar tidak ada masalah dan gangguan pada payudara waktu menyusui, seperti payudara berwarna kemerahan atau panyudara bengkak, karena jika payudara ibu post partum terdapat tanda-tanda yang telah disebutkan diatas, akan mengganggu produksi ASI. Produksi ASI akan menurun, dikarenakan saluran ASI yang tersumbat atau mengalami bendungan. Selain itu, pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian dukungan, pengertian dan informasi sehingga ibu mengetahui cara melakukan perawatan payudara atau lebih sering disebut breastcare (Farrer, 2001).Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Gambaran Perawatan Payudara pada ibu nifas di BPS Sri Sugiyartiningsih Tawangmangu Karanganyar.

Metode Penelitian ini Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian dengan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan adalah ibu nifas sampai hari ke-5  sebanyak 30 responden pada tanggal November 2011-Maret 2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa responden diperoleh hasil bahwa dari 30 responden yang melakukan perawatan sebanyak 19 orang (63.33%), sedangkan  ibu yang tidak melakukan perawatan sebanyak 11 orang (36.66%).

Kesimpulan dari penelitian berdasarkan hasil analisa data, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perawatan Payudara pada ibu nifas di BPS Sri Sugiyartiningsih Tawangmangu Karanganyar dari 30 responden yang melakukan perawatan payudara  adalah 19 orang (63.33%).

 

 

Kta Kunci : Gambaran, Perawatan Payudara, Ibu Nifas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter