DETEKSI DINI AUTIS PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 2-3 TAHUN DI PG DAN TK IT AT TAQWA KECAMATAN TAWANGSARI SUKOHARJO TAHUN 2011

Novyana Indriawati, Hastutik .

Abstract


ABSTRAK

Deteksi dini autis adalah kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang autis pada anak balita dan anak prasekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran hasil deteksi dini autis pada anak prasekolah usia 2-3 tahun di PG dan TK IT At Taqwa Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo Tahun 2011.

Metode penelitian ini adalah observasi secara langsung dengan pendekatan cross sectional. Dalam penelitian ini menggunakan subyek penelitian, yaitu semua anak prasekolah usia 2 - 3 tahun di PG dan TK IT At Taqwa Kecamatan Tawangsari Sukoharjo Tahun 2011 yang berjumlah 20 anak. Analisa data yang digunakan data kuantitatif dengan pengambilan data yaitu lembar pengumpulan data dan penyajian data menggunakan tabel distribusi frekuensi relatif.

Hasil penelitian ini didapatkan dari 20 responden mayoritas adalah normal dengan responden 19 anak (95%), ditemukan ada 1 anak (5%) yang mengalami resiko rendah autis, pada umur 3 tahun dengan jenis kelamin laki-laki, dan tidak ditemukan anak yang mengalami resiko tinggi autis, dan gangguan perkembangan lain.         

Simpulan penelitian ini yaitu mayoritas anak normal, tetapi ada yang mengalami resiko rendah autis pada anak usia 3 tahun dan berjenis kelamin laki – laki.

 

 

 

Kata kunci ; Deteksi Dini, Autis, Anak Prasekolah Usia 2-3 Tahun

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter