TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG ASI EKSKLUSIF DI RB NGUDI SARAS KARANGANYAR

Hastutik -

Abstract


ABSTRAK

 

ASI eksklusif adalah hanya memberikan ASI saja tanpa memberi makanan dan minuman tambahan kepada bayi sejak dari lahir sampai bayi berusia 6 bulan. Berdasarkan United Nations International Childrens Emergency Fund (UNICEF), memperkirakan bahwa pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dapat mencegah kematian 1,3 juta anak berusia di bawah lima tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI eksklusif. Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan mutu pelayanan kebidanan terutama pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI eksklusif.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, Waktu penelitian dilakukan di Bulan Maret-April di RB Ngudi Saras Karanganyar. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling dengan respondenya ibu hamil trimester III yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI eksklusif yang berpengetahuan baik sebanyak 3 responden (10%), cukup sebanyak 22 responden (73.3%), kurang sebanyak 5 responden (16.7%).

Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang ASI eksklusif di RB Ngudi Saras Karanganyar secara umum rata-rata responden berpengetahuan cukup yaitu (73.3%). 

 

 

 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Hamil Trimester III, ASI Eksklusif

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter