TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA REPRODUKSI TENTANG KANKER LEHER RAHIM DI RB NGUDI SARAS, NGRINGO, JATEN KARANGANYAR

N. Kadek Sri Eka Putri

Abstract


ABSTRAK

Di Indonesia, kanker serviks menempati urutan pertama kanker pada wanita. Umur penderita kanker leher rahim antara 30-60 tahun, terbanyak antara 45-50 tahun. Kanker leher rahim yang ditemukan di Kabupaten Karanganyar diantaranya di Puskesmas ada 13 penderita (24,1%) dan sisanya ditemukan di Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Karanganyar 41 penderita (75,9%). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan wanita usia reproduksi tentang kanker leher rahim.

Jenis penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan di RB Ngudi Saras, Ngringo, Jaten, Karanganyar pada bulan Juni - Juli 2009. Pengumpulan data berupa kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas dengan sumber subjek penelitian yaitu wanita usia reproduksi sebanyak 48 responden.

 Hasil penelitian bahwa tingkat pengetahuan wanita usia reproduksi di RB Ngudi Saras, Ngringo, Jaten, Karanganyar mayoritas cukup, yaitu Responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik ada 15 responden (31,3%). Responden yang memiliki tingkat pengetahuan cukup ada 29 responden (60,4%). Responden yang memiliki tingkat pengetahuan kurang ada 4 responden (8,3%).

Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan wanita usia reproduksi tentang kanker keher rahim adalah cukup.

 

 

 

 

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Kanker Leher Rahim


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter