ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DI PUSKESMAS BERANGAS KABUPATEN KOTABARU
Abstract
Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan atau masyarakat. Permasalahan kurangnya kepuasan muncul dari lokasi Puskesmas dengan jarak tempuh yang terlalu jauh bagi sebagian ibu, jalan yang masih rusak, dan juga ketersediaan kursi untuk ibu menunggu kadang tidak mencukupi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA). Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi 42 orang. Sampel 30 orang dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan dari 30 responden rata rata puas pada pelayanan KIA Di Puskesmas Berangas Kabupaten Kotabaru. Kategori puas Berdasarkan tangible 16 orang (53,3%), reliability 18 orang(60%), responsiveness 19 orang (63,3%), assurance 20 orang(66,7%), dan empaty 19 orang (63,3%). Disimpulkan bahwa kepuasan ibu berdasarkan Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empaty (Rasa Simpati) pada pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Berangas Kabupaten Kotabaru, responden merasa puas pada pelayanan yang diberikan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhytyo, D. R., & Mulyaningsih, -. (2013). RELIABILITAS MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI SALAH SATU PUSKESMAS KABUPATEN NGAWI. Gaster, 10(2), 22–32. http://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/52
Devi Fitriani, A., Mutu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Harapan Medika Ujungbatu Rokan Hulu Riau Tahun, A., & Kesehatan Cehadum, J. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Harapan Medika Ujungbatu Rokan Hulu Riau Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Cehadum, 2(2), 19–30. https://www.jkc.puskadokesa.com/jkc/article/view/34
Fitriani;, R. A. S. (2016). PERSEPSI PASIEN JAMKESMAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN. THE SHINE CAHAYA DUNIA D-III KEPERAWATAN, 1(1). https://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCD3Kep/article/view/100
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Profil Kesehatan Indonesia. Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia. Germas, 48(1), 6–11. https://doi.org/10.1524/itit.2006.48.1.6
Kusumajati, R. (2017). Hypnobirthing Therapy Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Persalinan Pertama. Tesis.
Nofriadi, N., Delima, M., & Sara STIKes Perintis Padang, Y. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN PERINTIS, 2(1), 67–67. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/376
Putri, N. R., Guspianto, G., & Hubaybah, H. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 7–16. https://doi.org/10.22437/JKMJ.V6I2.19920
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. In Kemen. Kemenkes RI.
Syamaun, S., Oktaviyana, C., & Nazari, N. (2021). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 96–114. https://jurnal.usk.ac.id/JIK/article/view/22078
TUEGEH, L., … P. R.-J. A., & 2017, undefined. (n.d.). Pengaruh Profesionalisme Bidan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Tatelu. Ejournal.Unsrat.Ac.Id. Retrieved August 2, 2023, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/18446/17974
DOI: https://doi.org/10.54877/maternal.v7i2.957
Refbacks
- There are currently no refbacks.