EFEKTIFITAS PEMBERIAN SEDUHAN SERBUK DAUN MINDI (MELIAAZEDARACH L) DAN MADU TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL

Meri Oktariani, Ari Pebru Nurlaily, Kartika Dian Listyaningsih

Abstract


RINGKASAN

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan dimana darah dinding arteri dengan tekanan yang cukup tinggi yang dapat  menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kondisi yang lazim terjadi dan sering muncul pada kunjungan di layanan primer yang dapat berkembang menjadi infark miokardial, stroke, gagal ginjal dan kematian. Penyakit hipertensi merupakan penyakit menetap pada penderitanya, tidak dapat disembuhkan total, tetapi suatu saat akan muncul kekambuhan pada penderitanya. Untuk itu penderita hipertensi memerlukan terapi lain selain terapi farmakologis yang diberikan oleh dokter, untuk mengurangi efek samping yang terjadi. Terapi non farmakologis  salah satunya adalah pemberian madu madu dengan ekstrak daun mindi (Melia Azedarach L) yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experiment adalah penelitian yang menguji coba suatu intervensi pada sekelompok subyek dengan atau tanpa kelompok pembanding namun tidak dilakukan randomisasi untuk memasukkan subyek ke dalam kelompok perlakuan atau kontrol berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi dengan jumlah Sampel pada penelitian ini adalah 28 penderita hipertensi esensial.

Teknik sampling yang digunakan adalah simple random  sampling dan uji analisis menggunakan  Wilcoxon test. Hasil penelitian hasil analisa uji wilcoxon nilai P value = 0,000 sehingga P value < 0,05 maka H0 di tolak dan Ha di terima bahwa terdapat pengaruh pemberian seduhan serbuk daun mindi dan madu terhadap tekanan darah  pada pasien hipertensi esensial di desa Tegalrejo, Grogol Sukoharjo. Sehingga dapat disimpulkan hasil tekanan darah sistole sebelum dan sesudah pemberian seduhan serbuk daun mindi (mellia Azedarach L) mengalami  penurunan yang signifikan dan hasil tekanan darah diastole sebelum dan sesudah pemberian seduhan serbuk daunmindi (mellia Azedarach L) mengalami  penurunan yang signifikan.

 

Kata Kunci : Hipertensi, Serbuk Daun Mindi, Penurunan Tekanan Darah

ABSTRACT Hypertension is a condition in which blood on the artery wall is under high pressure which can cause health problems such as heart disease. High blood pressure, besides causing heart disease, can develop into myocardial infarction, stroke, kidney failure, and death. Hypertension is a permanent disease, cannot be cured completely, and can reappear when the patients cannot maintain their blood pressure. Therefore, people with hypertension need other therapies, in addition to the therapy given by the doctor, to reduce other side effects. One of non-pharmacological therapy is to provide honey with Mindi Leaves Extract(Melia Azedarach L) which can be used to reduce blood pressure in hypertensive patients. This study used a quantitative method with a quasi-experiment design. This study tested an intervention on a group of subjects with or without a comparison group but did not carry out randomization on inserting subjects in the treatment or control group based on inclusion and exclusion criteria with a sample of 28 patients with essential hypertension. The sampling techniques were random sampling and analysis tests by Wilcoxon test. The results of the Wilcoxon test showed P-value = 0,000 so that P-value <0.05, so H0 was rejected and Ha was accepted. There was an effect of steeping Mindi Leaves Extracton blood pressure in hypertensive patients in Tegalrejo, Grogol, Sukoharjo. It can be concluded that systolic blood pressure at pre and post of giving honey and steeping of Mindi Leaves Extract(Azedarach mellia L) showed a significant decrease and the results of diastole blood pressure at the pre and post of giving honey and steeping of Mindi Leaves Extract(Azedarach mellia L) significantly decreased. Keywords: Hypertension, Mindi Leaves Extract, Decreased of Blood Pressure



DOI: https://doi.org/10.54877/maternal.v3i1.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.