HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PENDAFTARANDENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Hendri Nofiana, Sri Sugiarsi

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan hasil survei pendahuluan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar menunjukkan bahwa sebesar 4 responden (40%) menyatakan puas dan6 responden (60%) menyatakan tidak puas terhadap mutu pelayanan pasien dari 10 responden. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuihubungan kepuasan pasien rawat jalan dengan mutu pelayanan pendaftaran diRumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan yaitu quota sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 54 responden yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar pada bulan April 2012.Uji statistik  dengan mengunakan chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  responden yang merasa puas dan menilai mutu pelayanan pendaftaran dalam kategori baiksebanyak 22 responden (48,1%), responden yang merasa puas dan menilai mutu pelayanan pendaftaran dalam kategori cukup sebanyak  26 responden (48,1%), reponden yang merasa tidak puas dan menilai mutu pelayanan pendaftarandalam  kategori baik sebanyak 1 responden (1,9%), reponden yang merasa tidak puas dan menilai mutu pelayanan pendaftarandalam kategori cukup sebanyak 3 responden (5,5%), responden yang merasa tidak puas dan menilai  mutu pelayanan pendaftaran dalam kategori kurang sebanyak 2 responden (3,7%). Hasil uji statistik chi square diperoleh nilai signifikan p sebesar 0,000 < 0,05  dan X² hitung (17,082) ≥ X² tabel(5,591).

Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Rumah sakit disarankan mempertahankan pelayanan yang sudah baik untuk menjadi yang lebih baik lagi dalam hal keramahan petugas, kesinambungan pelayanan, kejelasan informasi karena hal tersebut adalah suatu pelayanan kesehatan yang sangat penting.

 

Kata kunci           : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien.

Kepustakaan       : 10 (1997-2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.